Sunday, October 20, 2013

Definisi dan Jenis-Jenis Iklan

Iklan adalah Promosi produk perusahaan dan pelayanan yang dilakukan, terutama untuk meningkatkan penjualan produk dan jasa. Iklan juga berguna untuk membuat dan mempertahankan identitas merek/suatu perusahaan, dan juga untuk mengenalkan produk/jasa yang ditawarkan. 

     Terdapat beberapa jenis iklan, diantaranya adalah:
  • Iklan Baris
  • Iklan Luar Ruangan
  • Iklan Broadcast
  • Iklan Terselubung
  • Iklan Pengganti (Tidak Langsung)
  • Iklan Sosial (Iklan Layanan Masyarakat)

1. Iklan Baris

Kumpulan iklan yang ada di koran adalah contoh dari iklan baris.

            Iklan Baris adalah Iklan yang menempatkan informasi produk/jasa yang ditawarkan pada surat kabar atau majalah. Media cetak merupakan media iklan yang paling murah dibandingkan dengan media periklanan lainnya. Selain biayanya yang murah, media cetak juga merupakan media periklanan yang sangat efektif, karena Iklan Cetak seperti brosur, koran, & majalah lebih mudah di dapatkan.

2. Iklan Luar Ruangan

Spanduk adalah salah satu bentuk iklan luar ruangan.

            Iklan Luar Ruangan adalah Iklan yang menggunakan teknik dan alat bantu dalam mempromosikan produk/jasanya kepada pelanggan, seperti iklan promosi pada papan reklame, kios, dll. Teknik dalam pembuatan Iklan Luar Ruangan haruslah singkat dan menarik sehingga orang yang melihat iklan kita tertarik untuk mencari tahu tentang produk/jasa yang kita jual.

3. Iklan Broadcast

Iklan makanan ringan sebagai salah satu bentuk iklan boadcast.

            Iklan Brroadcast adalah Iklan yang menggunakan media elektronik sebagai perantaranya, seperti televisi, radio, dan internet. Iklan jenis ini termasuk salah satu dari iklan yang mempunyai biaya yang cukup besar. Namun dalam konteks efektifitas, iklan ini adalah iklan yang paling efektif, karena umumnya lebih dari 80% penduduk di dunia menghabiskan waktunya untuk menonton televisi dan mendengarkan radio.

4. Iklan Terselubung


Film yang memperlihatkan merek mobil pada adegannya adalah contoh dari iklan terselubung.

            Iklan Terselubung adalah jenis iklan yang unik, di mana produk/jasa tertentu yang tergabung dalam beberapa saluran hiburan dan media seperti film, acara televisi, dan olahraga. Iklan ini hanya menempatkan nama produk/jasa yang di promosikan dalam waktu yang singkat dan terkadang tidak begitu jelas seperti memperlihatkan merek mobil pada sebuah adegan film.

5. Iklan Pengganti (Tidak Langsung)

Iklan rokok adalah salah satu bentuk iklan tidak langsung.

            Iklan Pengganti adalah Iklan yang secara tidak langsung akan mengingatkan pendengar/pembacanya dengan produk yang di promosikan. Contoh iklan penggani (tidak langsung) adalah seperti iklan rokok dan minuman keras yang tidak memperlihatkan bentuk produk yang dijual, melainkan hanya menempatkan nama dari produknya saja.

6. Iklan Sosial (Iklan Layanan Masyarakat)

Iklan dari salah satu lembaga pemerintahan ini adalah contoh dari Iklan Sosial.

            Iklan Sosial atau Iklan Layanan Masyarakat adalah Iklan yang menyampaikan pesan sosial yang berhubungan dengan isu-isu yang terdapat di masyarakat, seperti iklan program KB (Keluarga Berencana), iklan Politik, Konservasi Energi, dll.

Maka, dapat disimpulkan bahwa dari semua jenis iklan diatas terdapat satu kesamaan, yaitu iklan bertujuan untuk meningkatkan penjualan produk dan jasa, untuk membuat dan mempertahankan identitas merek/suatu perusahaan, dan juga untuk mengenalkan produk/jasa yang ditawarkan. 





No comments:

Post a Comment