Iklan adalah Promosi produk perusahaan dan pelayanan yang
dilakukan, terutama untuk meningkatkan penjualan produk dan jasa. Iklan juga
berguna untuk membuat dan mempertahankan identitas merek/suatu perusahaan, dan
juga untuk mengenalkan produk/jasa yang ditawarkan.
Terdapat
beberapa jenis iklan, diantaranya adalah:
- Iklan
Baris
- Iklan
Luar Ruangan
- Iklan
Broadcast
- Iklan
Terselubung
- Iklan
Pengganti (Tidak Langsung)
- Iklan Sosial (Iklan Layanan Masyarakat)
Iklan Baris adalah
Iklan yang menempatkan informasi produk/jasa yang ditawarkan pada surat kabar
atau majalah. Media cetak merupakan media iklan yang paling murah dibandingkan
dengan media periklanan lainnya. Selain biayanya yang murah, media cetak juga
merupakan media periklanan yang sangat efektif, karena Iklan Cetak seperti
brosur, koran, & majalah lebih mudah di dapatkan.
2.
Iklan Luar Ruangan
Spanduk adalah salah satu bentuk iklan luar ruangan.
3.
Iklan Broadcast
Iklan makanan ringan sebagai salah satu bentuk iklan boadcast.
4.
Iklan Terselubung
Film yang memperlihatkan merek mobil pada adegannya adalah contoh dari iklan terselubung.
Iklan
Terselubung adalah jenis iklan yang unik, di mana produk/jasa tertentu yang
tergabung dalam beberapa saluran hiburan dan media seperti film, acara televisi,
dan olahraga. Iklan ini hanya menempatkan nama produk/jasa yang di promosikan
dalam waktu yang singkat dan terkadang tidak begitu jelas seperti
memperlihatkan merek mobil pada sebuah adegan film.
5.
Iklan Pengganti (Tidak Langsung)
Iklan rokok adalah salah satu bentuk iklan tidak langsung.
6.
Iklan Sosial (Iklan Layanan Masyarakat)
Iklan dari salah satu lembaga pemerintahan ini adalah contoh dari Iklan Sosial.
Iklan
Sosial atau Iklan Layanan Masyarakat adalah Iklan yang menyampaikan pesan
sosial yang berhubungan dengan isu-isu yang terdapat di masyarakat, seperti
iklan program KB (Keluarga Berencana), iklan Politik, Konservasi Energi, dll.
Maka, dapat disimpulkan bahwa dari semua jenis iklan diatas terdapat satu kesamaan, yaitu iklan bertujuan untuk meningkatkan penjualan produk dan jasa, untuk membuat dan mempertahankan identitas merek/suatu perusahaan, dan juga untuk mengenalkan produk/jasa yang ditawarkan.
No comments:
Post a Comment